Cara Restart & Mematikan EDC BCA yang Baru tanpa Kabel

Jarvis Kuproy

Cara Restart & Mematikan EDC BCA yang Baru tanpa Kabel

Siagapmk.id – Penggunaan mesin EDC sebagai alat pembayaran yang praktis dan efesien saat ini telah banyak digunakan di toko, restoran, cafe atau tempat usaha lainnya. Sehingga tidak heran jika cara menggunakan mesin EDC harus dipahami oleh pemilik atau kasir toko.

Salah satu mesin EDC yang paling banyak digunakan saat ini adalah mesin EDC BCA. Karena itu, panduan cara restart & mematikan EDC BCA yang baru tanpa kabel pastinya sangat di perlukan.

Mesin EDC BCA pastinya akan dibutuhkan oleh pemilik usaha, karena kita tahu bahwa nasabah dari bank BCA sangatlah banyak. Sehingga metode pembayaran menggunakan kartu debit atau kartu kredit bank BCA pastinya akan sangat banyak.

Baca Juga: Cara Reprint Settlement EDC BCA

Sebagai pemilik usaha, kamu tentunya harus mengetahui panduan lengkap tentang cara restart & mematikan EDC BCA yang baru tanpa kabel.

Karena dengan mengetahui panduan ini, nantinya kamu bisa dengan mudah mengatasi masalah ketika mesin EDC tidak bisa digunakan atau saat error. Ataupun panduan ini juga pastinya dibutuhkan ketika kamu ingin melakukan penutupan toko setiap hari.

Dengan menerapkan cara restart dan mematikan EDC BCA yang benar juga akan membuat mesin EDC jadi tidak mudah rusak dan awet. Karena itu, kamu tidak boleh melewatkan panduan menggunakan mesin EDC BCA dari kami disini.

Cara Restart & Mematikan EDC BCA yang Baru tanpa Kabel

Ketika kamu menggunakan mesin EDC BCA, umumnya mesin EDC yang digunakan menggunakan tipe Ingenico. Tipe Ingenico, Move dan Castles juga umum digunakan di mesin EDC bank lainnya, sehingga bisa dikatakan bahwa mesin EDC setiap bank hampir sama.

Jika mesin EDC BCA yang kamu miliki saat ini menggunakan tipe Ingenico, Move dan Castles, berikut ini adalah cara restart & mematikan EDC BCA yang bisa kamu ikuti langkahnya :

Cara Mematikan EDC BCA Tanpa Kabel Tipe Ingenico

Jika kamu menggunakan mesin EDC BCA tipe Ingenico maka langkah untuk mematikan mesin EDC adalah dengan menekan tombol titik dan Kuning secara bersama-sama. Tunggu beberapa saat maka mesin EDC BCA akan mati.

Cara Mematikan EDC BCA Tanpa Kabel Tipe Move

Sedangkan untuk mesin EDC BCA tipe Move memiliki susunan tombol berbeda dengan tipe Ingenico. Sehingga cara mematikan mesin EDC BCA tipe Move yaitu dengan cara menekan tombol titik dan tombol kuning bersama-sama yang lokasi tombolnya ada di samping kiri tombol berwarna hijau.

Cara Mematikan EDC BCA Tanpa Kabel Tipe Castles

Selain menggunakan tipe Ingenico dan Move, mesin EDC BCA juga memiliki tipe lain yaitu Castles. Untuk tipe mesin EDC BCA ini mirip dengan tipe Move. Sehingga untuk mematikannya mesinnya caranya hampir sama yaitu dengan menekan tombol Pagar dan tombol Kuning secara bersama-sama.

Cara Restart & Mematikan EDC BCA Tanpa Kabel Tipe Apos

Untuk kamu yang menggunakan mesin EDC BCA tipe apos,untuk mematikan mesinnya caranya mudah. Silahkan kamu tekan tombol On/Off yang berada dibagian pojok kanan atas mesin EDC.

Selain dengan menerapkan beberapa cara mematikan mesin EDC BCA diatas, jika kamu mengalami masalah lainnya. Maka kamu juga bisa menerapkan cara restart & mematikan EDC BCA dengan beberapa metode berikut :

Cara Mematikan GPRS Mesin EDC BCA

Jika mesin EDC BCA menggunakan kabel GPRS, maka kamu harus lebih berhati-hati saat menggunakan mesin ini. Untuk melakukan restart kamu harus matikan mesin dengan menekan tombol kuning dan titik secara bersama-sama. Jika sudah mati, maka kamu harus cabut kabel GPRS untuk memutuskan koneksi.

Cara Mematikan EDC BCA Dengan Mencabut Baterai

Jika kamu sudah mencoba menerapkan beberapa cara restart & mematikan EDC BCA diatas dan tidak berhasil. Maka kamu bisa menerapkan langkah terakhir yaitu dengan mencabut baterai mesin EDC. Tetapi yang perlu dicatat adalah cara metode mencabut baterai untuk mematikan mesin EDC BCA ini hanya dilakukan ketika mesin mengalami hang dan error yang tidak bisa dimatikan dengan cara normal.

Cara Restart EDC BCA dengan Cabut SIM Card

Ketika mesin EDC BCA mengalami eror seperti tidak bisa melakukan transaksi, dan kamu sudah mencoba mematikan mesin tetapi masih belum bisa digunakan dengan normal. Maka kamu bisa mencoba melakukan restart edc bca dengan mencabut SIM Card.

Caranya kamu matikan terlebih dahulu mesin EDC BCA dengan tekan tombol titik dan tombol kuning bersamaan. Setelah itu, buka tutup belakang mesin EDC dan kamu cabut SIM Card. Lalu coba pasang kembali SIM Card dan coba hidupkan kembali mesin EDCnya.

Cara Restart EDC BCA Untuk Masalah Attaching GPRS dan Please try again (TO)

Jika mesin EDC BCA muncul – Attaching GPRS dan Please try again (TO), kamu bisa melakukan restart dengan menekan tombol titik dan tombol kuning selama 1 detik. Atau kamu bisa tekan tombol F, lalu angka 3 dan inputkan katasandi 3636 lalu tekan Enter/Tombol Hijau.

Setelah itu, silahkan tekan tombol F dan angka 0, lalu pilih Flazz, dan tekan tombol hijau untuk melakukan test sinyal. Jika mesin EDC sudah berhasil terhubung GPRS maka mesin akan otomatis mencetak struk.

Menghubungi Pihak BCA

Jika setelah membaca cara restart & mematikan EDC BCA diatas, tetapi mesin EDC kamu tetap tidak bisa digunakan dengan normal. Maka solusi terakhir yang harus kamu lakukan adalah dengan menghubungi call center BCA di nomor 1500888 atau bisa datang ke kantor bank BCA terdekat.

Related Posts

Tinggalkan komentar