Apa itu Safety Mode Brimo? Apakah Aman dan Masih Bisa Tarik Tunai

Davin Prawira

Sekilas tentang brimo

Siagapmk.id – Bagi para nasabah Bank BRI, pasti sudah tak asing dengan layanan Mobile Banking BRImo atau BRI Mobile. Aplikasi tersebut memungkinkan penggunanya agar bisa melakukan beragam transaksi perbankan melalui smartphone. Di dalam aplikasi tersebut juga disematkan fitur Safety Mode BRImo, guna meningkatkan perlindungan kepada nasabah.

Fitur tersebut diciptakan seiring dengan mudahnya akses ke rekening, pasalnya kemudahan tersebut juga turut meningkatkan risiko terjadinya kecurangan atau penipuan terhadap akun pengguna.

Bagi Anda yang belum pernah mengalami Safety Mode Brimo pasti akan bingung, ini artinya apa maksudnya apa. Kalau pun Anda sudah mengalami saya yakin Anda langsung mencari tahu bagaimana cara mengatasinya. Untuk itu simak penjelasan lengkap terkait fitur tersebut di bawah ini!

Sekilas Tentang BRImo

Sekilas tentang brimo

Adalah aplikasi keuangan digital besutan BRI untuk mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi, sehingga tidak perlu pergi ke kantor bank ketika ingin bertransaksi.

Fitur yang tersedia pun sangat lengkap mulai dari fitur pembayaran tiket KAI secara daring, transfer THR, top up pulsa atau paket data, bayar zakat melalui fitur donasi, setor dan tarik tunai tanpa kartu, hingga membayar belanjaan dengan QRIS.

Baca Juga: Login Brimo tapi Nomor Sudah Tidak Aktif

Apa Itu Safety Mode BRImo?

Safety Mode BRImo merupakan fitur tambahan yang tersedia bagi nasabah di dalam aplikasi perbankan digital BRI. Seperti namanya, fitur tersebut berperan penting untuk melindungi akun pengguna dari berbagai kecurangan atau penyalahgunaan yang mungkin dapat terjadi di dalam proses transaksi.

Cara kerja dari mode ini adalah dengan membatasi akses pada aplikasi, sehingga akun hanya dapat diakses oleh perangkat yang telah terdaftar sebagai perangkat aman. Saat aplikasi diakses menggunakan perangkat yang tidak terdaftar, nantinya sistem akan meminta Anda untuk memasukkan kode OTP sebagai bentuk keamanan sebelum bisa melanjutkan proses transaksi.

Saat berada dalam mode ini, beberapa fitur transaksi yang dianggap berpotensi merugikan atau membahayakan nasabah seperti pengurasan saldo rekening, akan dibatasi atau bahkan dinonaktifkan.

Baca Juga: Mengatasi Brimo Terblokir tanpa ke Bank

Apa Penyebab Safety Mode Muncul?

Safety Mode Brimo

Mode ini akan aktif saat aplikasi mendeteksi transaksi tidak wajar atau atau tidak normal di luar pola transaksi nasabah sebelumnya. Beberapa contoh transaksi mencurigakan yang bisa mengaktifkan mode ini adalah transfer ke rekening tidak dikenal, transfer atau pengiriman uang dalam nominal besar, atau terjadi aktivitas pembayaran tidak biasa.

Selain itu mode aman ini juga bisa muncul ketika pengguna melakukan perpindahan device smartphone lalu mengunduh ulang aplikasi BRImo. Hal tersebut terjadi karena pada saat pengguna berpindah ke perangkat baru lalu memasang kembali aplikasi BRImo, akan muncul risiko pihak tidak bertanggung jawab memanfaatkan momen tersebut untuk mengakses akun pengguna lalu berbuat kecurangan.

Saat fitur ini aktif, pengguna tidak dapat melakukan transaksi merugikan atau berbahaya karena fitur transaksi menjadi nonaktif. Limit transfer akan turut dibatasi menjadi hanya Rp 1 juta per harinya, pengguna juga tidak bisa melakukan perubahan data pribadi contohnya merubah nomor telepon, email, hingga kata sandi akun.

Berapa Lama Mode Keamanan ini Muncul?

Saat Anda berada pada permasalahan ini, tak perlu khawatir karena umumnya fitur keamanan ini hanya berlangsung selama 1 hingga 2 hari saja untuk permasalahan kecil. Namun untuk permasalahan lebih besar atau terjadi transaksi di luar nalar yang tidak sesuai pola transaksi normal, maka dapat berlangsung lebih lama.

Jika Anda berada dalam fitur aman ini dan ingin segera menonaktifkannya, berikut langkah-langkahnya :

  • Kunjungi cabang BRI terdekat dari rumah untuk selanjutnya melakukan verifikasi data diri.
  • Siapkan kartu identitas diri seperti KTP serta bukti kepemilikan rekening BRImo.
  • Sampaikan kepada satpam yang bertugas jika Anda memiliki kendala terkait mode keamanan ini, lalu Anda akan diberi nomor antrian CS.
  • Sampaikan keluhan kepada CS, nantinya setelah dilakukan verifikasi maka akun Anda sudah aktif kembali seperti semula.
  • Jika tidak, Anda juga bisa menghubungi BRI Call Center dengan nomor 14017.

Cara Menonaktifkan Safety Mode Brimo

Umumnya mode tersebut hanya akan aktif selama 1 hingga 2 hari saja bergantung dari permasalahan yang terdeteksi. Sehingga jika Anda tidak sedang atau tidak akan melakukan transaksi apa pun, maka hanya perlu menunggu hingga fitur tersebut menjadi nonaktif dengan sendirinya.

Namun apabila Anda tidak ingin menunggu lama atau mode tersebut tetap ada setelah beberapa hari, maka coba nonaktifkan melalui aplikasi. Selain beberapa cara di atas, Anda juga bisa menonaktifkan mode keamanan dengan cara berikut :

  1. Buka aplikasi BRImo di ponsel, lalu masuk menggunakan akun Anda.
  2. Klik pada menu Pengaturan atau Keamanan, lalu pilih opsi Mode Keamanan.
  3. Nonaktifkan fitur tersebut dengan mengikuti petunjuk yang ada.
  4. Konfirmasi sebelum memutuskan untuk menonaktifkan.
  5. Selesai

Dapat disimpulkan jika Safety Mode BRImo aman, terlebih jika mungkin memang terdapat transaksi mencurigakan dari akun yang tidak terdaftar. Selain itu apakah saat berada di fitur ini pengguna masih bisa melakukan transaksi tarik tunai?

Nasabah masih dapat melakukan penarikan tunai, baik melalui mesin ATM atau melalui outlet yang bekerjasama dengan jaringan BRImo selama batas penarikan serta saldo masih memungkinkan. Namun meskipun bisa melakukan tarik tunai, mungkin limit penarikan juga menjadi terbatas.

Related Posts

Tinggalkan komentar