Apakah Uang Sobek Bisa Ditukar di Bank? Cek Syarat dan Caranya di Sini

Jamet Kudasai

Apakah Uang Sobek Bisa Ditukar di Bank

Siagapmk.id – Sobeknya uang kertas memang kerap dialami dan menyebabkan kekhawatiran tersendiri. Pasalnya banyak orang ragu apakah uang sobek bisa ditukar di bank atau tidak sesuai dengan nominalnya.

Kabar baiknya ternyata hal tersebut sangat memungkinkan. Hanya saja ada beberapa hal wajib untuk diperhatikan, mulai dari syarat, ketentuan, hingga prosedurnya. Namun jangan khawatir karena semua itu akan dibahas pada kali ini.

Baca Juga: Cara Tukar Uang Rusak di BI (Bank Indonesia)

Apakah Uang Sobek Bisa Ditukar di Bank?

Apakah Uang Sobek Bisa Ditukar di Bank

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, uang sobek bisa ditukar di bank ke lembaran utuh. Anda perlu memperhatikan beberapa syarat atau ketentuan yang diberlakukan oleh pihak Bank Indonesia. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Kondisi uang

Selain sobek ada beberapa kondisi kerusakan lain yang memungkinkan untuk Anda menukarkannya di Bank Indonesia. Beberapa contoh kerusakan tersebut antara lain berlubang, hilang sebagian, mengerut, dan terbakar. Namun untuk bisa menukarkannya uang tersebut harus masih dapat dikenali.

2. Kerusakan uang kertas

Pada dasarnya penukaran uang sobek akan digantikan dengan nilai sama sesuai nominalnya. Akan tetapi ada beberapa syarat, salah satunya adalah kondisi fisik lebih besar dari dua pertiga ukuran asli. Apabila lembaran kurang dari ukuran tersebut, maka penukaran tidak dapat dilakukan.

Selanjutnya pastikan juga uang tersebut masih bisa dikenali tentang keasliannya. Beberapa cara mengetahui keaslian adalah lewat cara diraba, diterawang, dan dilihat. Apabila pengecekan tersebut tak memungkinkan, penggantian akan ditolak.

Ketentuan berikutnya adalah terkait dengan nomor seri. Uang harus masih satu kesatuan meskipun nomor seri tidak lengkap dapat ditukar. Sementara itu jika sobekan tidak merupakan satu kesatuan namun nomor seri sama, maka penukaran tetap memungkinkan.

3. Ketentuan uang logam

Sebagai tambahan informasi, selain bentuk lembaran, ada juga uang logam dapat ditukarkan dengan nominal sama. Sama seperti sebelumnya, Anda perlu memperhatikan beberapa persyaratan harus dipenuhi agar permintaan dikabulkan.

Pertama fisik dari logam tersebut harus lebih besar dari setengah ukuran asli. Kemudian logam juga harus bisa dikenali terkait keasliannya. Jika unit tersebut sama atau kurang dari ukuran ini, maka penggantian akan ditolak oleh pihak bank.

4. Penggantian karena terbakar

Pada kasus ini menurut beberapa sumber informasi yang ada, asalkan unit tersebut masih dapat dikenali keasliannya, maka penukaran memungkinkan dilakukan. Akan tetapi pemohon harus menyertakan surat keterangan dari kantor kepolisian atau kelurahan sebagai bahan pertimbangan.

Baca Juga: Begini Cara Tukar Uang di Money Changer

Cara Menukarkan Uang Sobek atau Rusak

Cara Menukarkan Uang Sobek atau Rusak

Setelah mempelajari syarat-syarat di atas, kini Anda sudah tahu apakah uang tersebut masih memungkinkan diganti oleh bank atau tidak. Apabila memenuhi syarat, silakan ikuti langkah-langkah penukaran di bawah ini.

1. Kunjungi website Bank Indonesia

Pertama-tama silakan buka browser di PC atau laptop Anda dan kunjungi website www.pintar.bri.go.id. Lewat website ini Anda akan melihat berbagai menu seputar keuangan, salah satunya adalah pengajuan menukarkan uang sobek.

2. Pilih menu penukaran

Selanjutnya silakan klik pada menu Penukaran Uang Rupiah Rusak/Cacat. Dalam hal ini, sobek termasuk dalam kategori tersebut. Sekali lagi pastikan Anda sudah memenuhi ketentuan di atas agar langkah berikutnya bisa berjalan lancar.

3. Memilih lokasi

Setelah memilih menu di atas, maka akan muncul pilihan terkait lokasi penukaran uang rusak. Pemilihan lokasi bertujuan agar Anda menemukan kantor bank terdekat sehingga tidak harus datang ke Bank Indonesia pusat.

4. Menentukan tanggal

Pilih tanggal terkait dengan penukaran uang sesuai waktu yang tersedia. Perlu diketahui bahwa Anda hanya dapat memilih tanggal dengan status tersedia saja. Apabila semua waktu telah penuh, artinya penukaran harus ditunda dan silakan coba lagi beberapa hari ke depan.

5. Klik tombol Pesan

Silakan klik tombol Pesan di halaman tersebut. Sebagai informasi pada umumnya jadwal penukaran uang dibagi menjadi tiga, yakni pukul 08.00 WIB, 09.15 WIB, dan 10.30 WIB dengan durasi masing-masing 75 menit saja.

6. Pengisian data

Ketika telah menentukan jadwal sesuai waktu tersedia, langkah berikutnya adalah mengisi data pemesanan. Data tersebut meliputi beberapa hal seperti nama lengkap, nomor telepon, alamat email, dan NIK. Pastikan isi data dengan benar agar tidak terjadi masalah saat proses dilakukan.

7. Mengisi formulir terkait penukaran

Untuk langkah berikutnya, Anda akan diminta mengisi beberapa hal terkait proses penukaran seperti jumlah lebar rusak. Selain itu, ada juga opsi tentang kategori kerusakan, apakah itu berlubang, sobek, hilang sebagian, terbakar, atau mengerut. Dalam hal ini, pemohon bisa memilih satu kategori atau lebih.

8. Validasi pemesanan

Langkah terakhir adalah klik tombol Pesan. Silakan datang ke lokasi sesuai jadwal yang telah ditentukan di bagian bukti pemesanan. Bukti ini wajib dibawa ketika penukaran dilakukan. Pastikan uang tersebut dibawa dalam kondisi tanpa perekat.

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa sangat memungkinkan uang sobek bisa ditukar di Bank sesuai nominalnya. Oleh karena itu, Anda tidak perlu terlalu khawatir apabila mendapati kondisi seperti itu, termasuk juga kerusakan lain seperti terbakar, berlubang, dan sebagainya.

Namun satu hal benar-benar harus diperhatikan adalah pastikan untuk memenuhi semua syarat dan ketentuan di atas. Pasalnya apabila satu saja persyaratan tidak terpenuhi, maka Anda harus siap-siap merelakan uang tersebut.

Related Posts

Tinggalkan komentar