Kartu ATM Tertelan di Mesin ATM? Cek Solusinya

Jarvis Kuproy

Kartu ATM Tertelan di Mesin ATM

Siagapmk.id – Kartu ATM tertelan di mesin ATM menjadi masalah yang sering dialami banyak orang. Jika kamu saat ini sedang mengalami masalah ini, maka kamu tidak perlu khawatir dan panik. Karena ada beberapa solusi yang bisa kamu lakukan saat kartu atm tertelan di mesin ATM.

Saat kita melakukan transaksi di mesin ATM kerusakan mesin ataupun kelalaian kita dalam menggunakan mesin ATM bisa menyebabkan kartu ATM tertelan. Untuk penyebab karena kerusakan mesin ATM umumnya terjadi karena ada masalah dengan kelistrikan mesin atau mesin sedang mengalami kerusakan tetapi kita memasaksa memasukan kartu ATM.

Selain itu, kartu atm tertelan juga bisa disebabkan karena kelalaian penggunanya. Contohnya adalah salah memasukan PIN atm sebanyak 3 kali atau lupa tidak mengambil kartu atm setelah bertransaksi.

Baca Juga: Kartu ATM tidak Bisa Digunakan

Cara Mengatasi Kartu ATM Tertelan di Mesin ATM

Jika masalah ini terjadi pada kamu dan kamu sedang bingung untuk mencari solusi mengatasi kartu atm tertelan di mesin ATM. Sebaiknya jangan minta bantuan siapapun yang sedang ikut antri di esin ATM. Tapi kamu harus langsung menerapkan solusi mengatasi kartu atm tertelan di mesin ATM yang kami bagikan di bawah ini!

1. Hubungi Call Centre Resmi Bank Penerbit Kartu

Solusi pertama yang harus kamu lakukan ketika mengalai masalah kartu atm yang tertelan adalah langsung menghubungi call center resmi bak penerbit kartu. Pastikan kamu menghubungi nomor call center resmi bank, karena sekarang banyak kasus penipuan terjadi di mesin ATM.

Untuk mengecek nomor call center asli kamu bisa cek di website resmi bank penerbit kartu ATM. Jangan sembarangan menghubungi call center dengan nomor yang tidak jelas dan bukan bersumber resmi dari bank penerbit kartu ATM. Berikut ini adalah nomor call center resmi bebera bank di Indonesia :

  • Bank BRI : 14017
  • Bank BNI : 1500046
  • Bank Mandiri: 14000
  • Bank BTN: 1500286
  • Bank BSI : 14040 atau 1500798
  • Bank BCA : 1500888
  • Bank Panin : 1500-678 atau 60678
  • Bank Mega: 08041500010
  • Bank CIMB Niaga: 14041
  • Bank Danamon: 1500-090
  • Bank Permata : 1500-111

Setelah berhasil menghubungi call center resmi bank penerbit kartu, kamu silahkan jelaskan permasalahan yang kamu alami. Dan kamu  bisa meminta pihak bank untuk memblokir kartu ATM tersebut.

Nantinya pihak bank akan meminta verisikasi identitas diri, nomor rekening, nama ibu kandung dan data yang dibutuhkan lainnya. Pastikan kamu segera melapor ke pihak bank 1×24 jam setelah kartu atm tertelan. Hal ini berguna agar nantinya kamu tidak akan mengalami kesulitan dalam pengurusan penggantian kartu ATM baru.

2. Membuat Laporan Kehilangan Ke Pihak Berwajib/Kepolisian

Jika kamu tidak segera melaporkan kehilangan pada bank penerbit kartu segera setelah atm tertelan. Maka biasanya pihak bank akan meminta dokumen pendukung seperti surat kehilang dari kepolisian.

Tetapi tidak semua bank meminta keterangan surat kehilangan ketika nasabahnya mengalami masalah kartu atm yang tertelan di mesin ATM. Tetapi ketika pihak bank meminta surat laporan kehilangan, maka kamu harus segera datang ke kantor polisi terdekat untuk meminta surat kehilangan.

3. Segera Datang ke Kantor Cabang Bank

Jika kamu mengalami masalah kartu atm yang tertelan di mesin ATM, solusi tercepat yang bisa kamu lakukan adalah dengan datang ke kantor cabang bank penerbit kartu. Sebelum berangkat ke kantor cabang bank penerbit kartu terdekat, kamu harus persiapkan terlebih dahulu beberapa persyaratan.

Syarat untuk melaporkan kartu atm yang tertelan di mesin atm seperti kartu identitas KTP, buku tabungan, dan surat keterangan kehilangan dari kepolisian (opsional). Jika semua syarat tersebut telah dilengkapi, maka kamu bisa langsung datang ke kantor cabang bank penerbit kartu terdekat.

4. Ambil Antrian ke CS dan Ajukan Pembuatan Kartu ATM Baru

Setelah kamu sampai di kantor cabang bank penerbit kartu, silahkan kami mengambil nomor antrian ke Customer Service (CS). Ketika nomor antrian kamu sudah dipanggil, silahkan informasikan ke bagian customer service bahwa kamu ingin mengajukan pembuatan kartu ATM baru. Karena kartu ATM lama telah tertelan di mesin atm dan jelaskan kronologinya secara lengkap.

Setelah itu, kamu akan diminta untuk mengisi formulir untuk pengajuan kartu ATM baru. Jika sudah selesai dibuatkan kartu ATM baru, kamu akan diminta memasukan PIN ATM yang baru melalui mesin EDC. Pastikan nomor PIN ATM baru yang mudah diingat tapi tidak mudah ditebak.

Apalagi untuk kamu yang mengalami masalah ini karena salah PIN sebanyak 3 kali. Pastikan kamu memasukan PIN ATM baru yang mudah diingat agar tidak lupa dikemudian hari saat ingin bertransaksi di ATM.

Baca Juga: Masa Berlaku Kartu ATM

Akhir Kata

Jadi itulah tadi beberapa langkah dan cara mengatasi kartu ATM tertelan di mesin ATM yang bisa kamu terapkan untuk menghindari kasus penipuan. Setelah kamu mengetahui penyebab dari masalah ini, terutama masalah yang disebabkan karena kelalaian pengguna. Pastikan kamu lebih berhati-hati dalam menggunakan kartu ATM saat menggunakannya di mesin ATM.

Related Posts

Tinggalkan komentar