Siagapmk.id – Akun shopee dibatasi menjadi masalah yang banyak orang alami saat ini, sehingga banyak orang ingin mengetahui penyebab dan cara mengatasinya.
Saat ini Shopee telah memberikan aturan dan kebijakan yang lebih ketat untuk pembeli ataupun penjual. Sehingga mungkin akhir-akhir ini banyak kasus pengguna shopee menerima notifikasi bahwa akun mereka dibatasi.
Akun dibatasi shopee disini artinya adalah semua aktivitas yang dilakukan oleh pemilik akun tersebut telah dinonaktifkan sementara oleh pihak shopee. Karena itu, pemilik akun shopee yang akunnya dibatasi masih bisa memulihkan akun tersebut. Pemilik akun harus mengetahui penyabab terlebih dahulu untuk bisa mengatasi masalah akun dibatasi.
Baca Juga: Cara Mengaktifkan / Upgrade Shopeepay Plus
Penyebab Akun Shopee Dibatasi
Kenapa akun shopee dibatasi umumnya disebabkan karena pengguna telah melakukan pelanggaran terhadap aturan ataupun kebijakan penggunaan akun shopee. Karena itu, sebelum mengetahui cara mengatasinya, pengguna harus tahu terlebih dahulu penyebabnya.
Tentunya penyebab dari pembekuan akun shopee ini umumnya adalah karena terdapat pelanggaran syarat dan ketentuan (TOS) penggunaan aplikasi shopee. Berikut ini ada beberapa penyebab akun shopee dibatasi atau dibekukan yang dilansir dari laman resmi Help Center Shopee.
Penyebab Akun Saya Dibatasi di Shopee Untuk Pembeli
Berikut ini adalah penyebab akun pembeli dibatasi oleh shopee :
- Pembeli melakukan pembuatan pesanan palsu (fake order)
- Melakukan penyalahgunaan voucher atau promo shopee
- Melakukan tindakan penipuan
- Dan melanggar syarat dan ketentuan shopee lainnya
Penyebab Akun Shopee Dibatasi Untu Penjual (Seller)
Berikut ini adalah penyebab akun shopee seller/penjual dibatasi oleh shopee :
- Mempunyai toko lebih dari 5 dengan data pribadi yang sama
- Melakukan percobaan peretasan akun
- Memalsukan informasi penjualan produk
- Menyalahgunakan voucher, promosi atau gratis ongkir
- Melakukan tindakan penipuan
- Melakukan spam
- Menggunakan produk duplikat
- Membuat orderan palsu (Fake Order)
- Melanggar penggunaan fitur chat shopee
- Terdapat tagihan SPayLater yang belum dibayarkan
- Melakukan pelanggaran pada syarat layana seller shopee
- Produk yang dijual dihapus sebanyak 20 kali atau lebih oleh pihak shopee
- Melakukan pelanggaran kebijakan logo yang digunakan di Profil Toko
- Menjual produk jasa atau produk digital ke kategori/sub kategori yang tidak relevan
Jadi ketika kamu mendapatkan notifikasi dari Shopee tentang akun yang dibekukan atau dibatasi. Dan kamu mungkin merasa melakukan salah satu atau beberapa dari jenis pelanggaran yang telah dijelaskan diatas. Maka tidak heran jika akun shopee kamu dibatasi segala aktivitasnya.
Setelah kamu mengetahui penyebab akun shopee pembeli atau penjual dibatasi, kamu bisa lanjut untuk mengetahui cara mengatasinya.
Cara Mengatasi Akun Shopee Dibatasi Sementara & Permanen
Jika akun seller atau akun shopee kamu miliki telah dibatasi penggunanya, maka ada beberapa solusi yang bisa kamu lakukan. Berikut ini ada beberapa cara agar akun shopee tidak dibatasi sementara dan permanen yang bisa dicoba cara mengembalikan akun shopee yang diblokir :
Cara Mengatasi Akun Shopee Dibatasi Untuk Pembeli
Ketika kamu mendapatkan notifikasi bahwa akun kamu telah dibekukan oleh pihak shopee. Maka kamu masihbisa mengajukan banding untuk melakukan pemulihan akun. Caranya adalah dengan mengisi formulit permintaan aktivasi akun yang dibatasi. Ada beberapa dokumen yang nantinya kamu butuhkan untuk proses pengaktivan kembali akun shopee yang dibekukan.
Untuk pengguna shopee yang merupakan pembeli bukan penjual, berikut ini adalah cara mengatasi akun shoppe dibekukan sementara :
- Langkah 1 : Pertama silahkan kamu buka notifikasi di aplikasi shopee atau di email tentang pembatasan aktivitas penggunaan aplikasi shopee atau pembatasan akun shopee.
- Langkah 2 : Kemudian kamu bisa cek penyebab dan instruksi yang diberikan oleh pihak shopee untuk mengaktifkan kembali akun yang dibatasi.
- Langkah 3 : Jika kamu tidak mendapatkan instruksi untuk mengaktivasi cara mengatasi akun shopee yang dibatasi, maka kamu bisa kunjungi halaman formulir permintaan aktivasi akun di : https://help.shopee.co.id/portal/webform/8c1e0bcd89b148f78c7f20c43ae03d09?previousPage=other%20articles.
- Langkah 4 : Siapkan beberapa dokumen seperti foto kartu identitas, bukti pembelian produk ( nomor resi, dan foto produk yang dibeli, screenshot riwayat chat, dan ID Pesanan).
- Langkah 5 : Masukan informasi yang dibutuhkan pada halama formulir aktivasi akun shopee, seperti Nama lengkap, Username Shopee, Alamat Email, Nomor hp, kendala yang dihadapi, bukti screenshot, dokumen pendukung, dan informasi lainnya yang dibutuhkan.
- Langkah 6 : Pastikan kamu cek ulang semua formulir sudah terisi sesuai dengan data dan bukti yang kamu miliki,lalu klik tombol Kirim.
- Langkah 7 : Terakhir kamu hanya tinggal menunggu balasan dari pihak Shopee untuk tindak lanjut aktivasi akun yang dibatasi.
Cara Mengatasi Akun Shopee Dibatasi Untuk Seller
Selain pembeli, seller atau penjual shopee juga bisa mengalami akun dibatasi ketika terindikasi melakukan pelanggaran syarat dan ketentuan penggunaan aplikasi shopee. Untuk mengatasinya, kamu sebagai seller shopee bisa ikuti langkah berikut untuk cara memulihkan akun shopee yang dibatasi :
- Langkah 1 : Siapkan dokumen seperti foto kartu Identitas, foto izin usaha, bukti pengiriman produk, bukti seller pernah mempunyai produk (resi, faktur supprlier, dll), dan informasi bisnis lainnya.
- Langkah 2 : Setelah semua dokumen telah disiapkan, seller bisa kunjungi halaman formulir pengajuan pengaktifan akun https://help.shopee.co.id/portal/webform/8c1e0bcd89b148f78c7f20c43ae03d09.
- Langkah 3 : Ketika halaman tersebut terbuka, silahkan isikan semua informasinya secara lengkap dan upload semua dokumen yang dibutuhkan. Serta membuat surat pernyataan berdasarkan penyebab pembatasan akun seller shopee.
- Langkah 4 : Jika semua data dan surat pernyataan diisi lengkap dan dokumen yang dibutuhkan telah diupload, lalu klik tombol Kirim.
- Langkah 5 : Tunggu sampai pihak shopee menghubungi kamu melalui email atau notifikasi di aplikasi shopee untuk tindak lanjut pengaktifan kembali akun seller yang dibatasi.
Catatan Akun Shopee Dibatasi Permanen
Akun shopee pembeli ataupun seller akan dibatasi secara permanen, ketika hal berikut ini terjadi :
- Pengguna tidak melakukan proses banding setelah 30 hari notifikasi akun dibatasi diterima.
- Proses pengajuan naik banding yang diinputkan mengalami penolakan karena pelanggaran yang dilakukan sudah berat menurut pihak shopee.
Akhir Kata
Itulah tadi informasi tentang penyebab dan cara mengaktifkan akun shopee yang dibatasi ementara dan permanen. Jadi pastikan setelah kamu mendapatkan notifikasi pembatasan akun shopee harus langsung melakukan naik banding jika tidak ingin akun shopee dibatasi secara permanen.