Cek Masa Berlaku Kartu ATM Mandiri, BRI, BCA, BNI

Jamet Kudasai

Masa Berlaku Kartu ATM Mandiri, BRI, BCA, BNI Lengkap

Siagapmk.id – Kartu ATM merupakan kartu yang dipergunakan untuk keperluan fasilitas transaksi nasabah bank di mesin EDC atau mesin ATM, mulai dari mengecek saldo, membayar tagihan, hingga setor tunai. Bagi para nasabah, apakah sudah mengetahui cara melihat masa berlaku kartu ATM yang dimiliki?

Kartu tersebut dapat mempermudah nasabah baik secara finansial hingga nonfinansial tanpa perlu mendatangi kantor cabang bank, yang umumnya bisa memakan waktu hingga berjam-jam. Untuk itu simak bagaimana cara melihat expired date di bawah ini.

Baca Juga: Buka Blokir Brimo Nomor HP Sudah Tidak Aktif

Masa Berlaku Kartu ATM Mandiri, BRI, BCA, BNI Lengkap

Masa Berlaku Kartu ATM Mandiri, BRI, BCA, BNI Lengkap

Masa berlaku kartu ATM dapat berbeda, berikut penjelasannya.

Mandiri

Periode masa berlaku credit card maupun debit bagi nasabah Mandiri disebut dengan valid thru Mandiri. Valid thru ini berlaku mulai kartu tersebut diterbitkan hingga expired pada bulan serta tahun yang tertera di bagian badan kartu.

Penulisan valid thru umumnya berisi informasi bulan serta kartu yang berlaku, dan umumnya terlihat di sisi kiri logo VISA atau GPN contohnya 7/24. Angka tersebut adalah keterangan waktu expired, dimana angka 7 menunjukkan bulan sedangkan 24 menunjukkan tahun. Sehingga masa berlakunya hingga bulan Juli tahun 2024.

Umumnya masa berlaku atau expired date cukup panjang, mulai dari 2 tahun hingga 4 tahun. Selain melihat pada bagian badan kartu, Anda juga bisa mengecek secara online melalui aplikasi Livin by Mandiri. Simak langkah-langkahnya berikut :

  • Buka aplikasi Livin by Mandiri dan log in seperti biasa.
  • Buka menu pengaturan, scroll hingga melihat menu Credit and Debit Card.
  • Selanjutnya klik dan akan terlihat informasi lengkap valid thru Mandiri.

BRI

Selanjutnya bagi nasabah bank BRI, akan diberikan fasilitas kartu ATM dengan masa kadaluarsa 3 hingga 4 tahun setelah diterbitkan. Contohnya diaktifkan di bulan Maret 2023, maka akan berlaku hingga Maret 2027. Jika sudah melewati waktu tersebut, maka tidak dapat digunakan kembali dan akan diblokir oleh bank.

Cara mengecek waktu kadaluarsa bisa dilihat pada bagian badan kartu, umumnya terletak di sebelah kiri logo MASTER CARD. Selain itu nasabah BRI juga bisa mengetahui apakah kartu ATM masih dalam status aktif atau tidak dengan melihatnya pada aplikasi BRImo, berikut caranya :

  • Buka aplikasi BRImo, log in seperti biasa menggunakan username dan password akun Anda.
  • Pada halaman utama, klik tombol Rekening Lain.
  • Pilih pada opsi Lihat Detail, scroll ke bawah hingga menemukan menu Status Kartu. Jika tertera tulisan Aktif pada bagian status, itu berarti masih berlaku sehingga bisa digunakan untuk keperluan transaksi.

BCA

Tak jauh berbeda untuk pengguna bank BCA, dimana masa aktif kartu ATM-nya umumnya berlaku hingga 4 tahun setelah diaktifkan. Sehingga setelah masa berlaku aktif, nasabah tidak bisa menggunakannya kembali untuk bertransaksi. Untuk melihat masa expired juga sama seperti bank lainnya, karena bisa dilihat di bagian kartu.

Masa berlaku akan terlihat karena terdapat tulisan valid thru yang diikuti dengan deretan angka (mm/yy), dimana menunjukkan bulan serta tahun kadaluarsa. Namun bagaimana jika saldo di rekening kosong?

Apabila saldo BCA kosong, rekening dinyatakan pasif karena tidak terlihat adanya aktivitas perbankan baik transaksi kredit maupun debit selama enam bulan berturut-turut. Sedangkan jika saldo kosong dan tidak terdeteksi transaksi selama 18 bulan berturut-turut, maka rekening akan ditutup permanen oleh sistem. Sehingga masa aktif BCA jika saldo kosong adalah 1,5 tahun.

BNI

Layaknya kartu ATM bank lainnya, BNI juga memiliki masa aktif yang bisa dilihat pada bagian kartu. Akan terlihat tulisan MEMBER SINCE 19 serta VALID THRU 8/24. Maksud dari kalimat MEMBER SINCE adalah tahun diterbitkannya kartu tersebut yaitu tahun 2019, sedangkan 8/24 adalah masa berlaku yakni bulan Agustus di tahun 2024.

Umumnya masa aktif kartu BNI adalah 5 tahun. Setelah 5 tahun, Anda bisa melakukan pergantian sebelum tiba masa kadaluarsa. Pasalnya jika masuk masa expired sudah tidak dapat digunakan untuk melakukan transaksi baik melalui mesin EDC ataupun ATM, bahkan untuk sekedar mengecek saldo pasti tidak akan berhasil.

Bagaimana Jika Kartu ATM Kadaluarsa?

Bagaimana Jika Kartu ATM Kadaluarsa

Apabila sudah melewati masa kadaluarsa atau expired, maka segera ganti kartu dengan yang baru sesuai dengan bank masing-masing. Cara menggantinya adalah mengunjungi customer service bank dengan membawa persyaratan seperti identitas diri, buku tabungan, serta kartu ATM yang kadaluarsa.

Untuk biaya penggantian ATM card dapat berbeda bergantung dari masing-masing bank serta jenis debit yang digunakan. Umumnya bisa gratis tanpa dipatok biaya atau Rp 0 hingga dipatok Rp 25 ribu.

Masa berlaku kartu ATM umumnya 4 hingga 5 tahun. Jika sudah melewati batas, lakukan pergantian agar Anda masih bisa melakukan transaksi seperti biasa. Tak perlu khawatir karena meskipun masuk masa kadaluarsa, saldo Anda tidak akan berkurang.

Selain itu rekening juga tetap bisa menerima transferan dari rekening lain ataupun melakukan transfer ke rekening lain. Namun jika ingin mentransfer uang ke rekening lain, dapat dilakukan melalui teller atau m-banking.

Related Posts

Tinggalkan komentar