Cara Menukar Uang Rusak di Bank Indonesia, Inilah Syaratnya!

Davin Prawira

Cara Menukar Uang Rusak di Bank

siagapmk.id – Apakah Anda memiliki uang rusak yang ingin ditukar? Jangan khawatir, Bank Indonesia (BI) telah menyediakan layanan yang memudahkan Anda untuk menukar uang rusak. Namun, sebelumnya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar proses penukaran berjalan lancar.

Cara Menukar Uang Rusak di Bank

Jika Anda ingin mengetahui cara menukar uang rusak di bank atau syarat-syarat yang perlu dipenuhi, Anda berada di tempat yang tepat. Di artikel ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah untuk menukar uang kertas rusak dan uang logam rusak di Bank Indonesia. Kami juga akan memberikan informasi mengenai prosedur penukaran uang rusak dan cara memanfaatkan aplikasi PINTAR untuk memudahkan proses penukaran.

Jadi, ikuti terus artikel ini untuk mendapatkan panduan lengkap tentang cara menukar uang rusak di Bank Indonesia!

Syarat Cara Menukar Uang Rusak di Bank Indonesia

Bagi Anda yang ingin Cara Menukar Uang Rusak di Bank Indonesia, Anda perlu memenuhi beberapa syarat yang telah ditentukan. Uang kertas yang akan ditukar harus memiliki fisik yang masih lebih besar dari 2/3 ukuran aslinya dan dapat dikenali keasliannya. Selain itu, uang kertas yang rusak atau cacat harus tetap satu kesatuan, baik dengan atau tanpa nomor seri yang lengkap.

Cara Menukar Uang Rusak di Bank

Namun, perlu diingat bahwa jika uang kertas rusak hanya sebesar atau kurang dari 2/3 ukuran aslinya, maka uang tersebut tidak dapat ditukar di bank.

Ukuran Uang Kertas RusakKelayakan untuk Ditukar di Bank Indonesia
Lebih dari 2/3 ukuran aslinyaBisa ditukar di bank
Sebesar atau kurang dari 2/3 ukuran aslinyaTidak bisa ditukar di bank

Syarat Penukaran Uang Logam Rusak di Bank Indonesia

Untuk menukar uang logam rusak di Bank Indonesia, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi:

  1. Uang logam rusak harus memiliki fisik yang lebih dari 1/2 ukuran aslinya.
  2. Uang logam rusak harus dapat dikenali keasliannya.
Cara Menukar Uang Rusak di Bank

Jika ukuran fisik uang logam rusak sama dengan atau kurang dari 1/2 ukuran aslinya, maka uang tersebut tidak dapat ditukar di bank.

SyaratKeterangan
Ukuran FisikLebih dari 1/2 ukuran aslinya
Keterlukan KeaslianUang harus dapat dikenali keasliannya

Prosedur Penukaran Uang Rusak di Bank Indonesia

Sebelum Cara Menukar Uang Rusak di Bank Indonesia, ada beberapa prosedur yang harus Anda ikuti.

  1. Hitung total nominal uang rusak yang akan ditukarkan.
  2. Mengelompokkan uang rusak berdasarkan pecahan uang.
  3. Jangan menggunakan selotip atau perekat saat mengelompokkan uang rusak.

Penukar juga harus melakukan pemesanan penukaran melalui aplikasi PINTAR (Aplikasi Penukaran dan Tarik Uang Rupiah). Dengan mengikuti prosedur ini, proses penukaran uang rusak di Bank Indonesia akan berjalan dengan lancar dan efisien.

Baca Juga : Apakah Uang Sobek Bisa Ditukar di Bank? Cek Syarat dan Caranya di Sini

Cara Memesan Penukaran Uang Rusak di Aplikasi PINTAR

Jika ingin menukarkan uang rusak di Bank Indonesia melalui aplikasi PINTAR, penukar harus menyusun pemesanan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Cara Menukar Uang Rusak di Bank
  1. Akses aplikasi PINTAR melalui laman https://pintar.bi.go.id/Order/UangRusak.
  2. Pilih provinsi, lokasi, dan tanggal pemesanan.
  3. Lengkapi data pemesanan dan unduh bukti pemesanan yang telah dibuat.

Kesimpulan

Menukar uang rusak di bank Indonesia dapat dilakukan dengan mudah jika syarat-syarat yang telah ditentukan terpenuhi. Untuk menukarkan uang kertas rusak, perhatikan bahwa uang kertas harus memiliki fisik yang masih lebih besar dari 2/3 ukuran aslinya dan dapat dikenali keasliannya. Sementara itu, uang logam rusak harus memiliki fisik yang lebih dari 1/2 ukuran aslinya dan tetap dapat dikenali keasliannya sesuai dengan kebijakan bank terkait penggantian uang rusak.

Panduan lengkap menukar uang rusak di bank Indonesia cukup mudah diikuti. Pastikan Anda mengikuti prosedur yang telah ditentukan oleh Bank Indonesia. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi PINTAR yang disediakan oleh Bank Indonesia untuk memesan penukaran uang rusak dengan lebih praktis dan efisien.

Dengan melakukan penukaran uang rusak sesuai dengan panduan yang telah disampaikan, Anda dapat menjaga keamanan dan kenyamanan dalam menggunakan mata uang. Jadi, bila Anda memiliki uang rusak yang memenuhi syarat, segera menukar di bank Indonesia dengan mengikuti panduan yang telah disediakan. Selamat menukar uang rusak di bank Indonesia!

Related Posts

Tinggalkan komentar